Kurang Tidur Bisa Bikin Orang Jadi Gila?

0 komentar


Ketidakmampuan tidur atau insomnia sebenarnya adalah gejala dari masalah lain. Banyak penelitian telah mengaitkan antara kurang tidur dan penyakit mental. Lantas bisakah kurang tidur membuat Anda menjadi gila?

Kesulitan tidur hanya merupakan gejala dari suatu penyakit, yang dapat disebabkan karena beberapa masalah seperti kelelahan, pengaruh obat, asupan kafein berlebihan, stres dan gangguan tidur.

Namun bila gangguan tidur ini berlangsung lama dan terus-menerus, maka dapat menyebabkan masalah tersendiri.

Kurang tidur dapat memicu gangguan bipolar atau depresi, yang berarti perubahan suasana hati yang drastis, dari sangat baik menjadi sangat buruk.

Insomnia juga dapat menyebabkan paranoia, yaitu gangguan pikiran yang dicirikan berupa kecemasan atau ketakutan yang berlebihan. Insomnia atau kurang tidur dapat menyebabkan pikiran paranoid dalam diri seseorang, sehingga membuka jalan bagi kegilaan (gangguan jiwa), seperti dilansir Boldsky, Jumat (20/7/2012).

Selain itu, kurang tidur juga berdampak pada gangguan memori, kurangnya konsentrasi, menurunnya koordinasi motorik tangan dan mata, yang juga cukup sering terlihat pada orang dengan masalah mental.

Efek kurang tidur tidak terbatas pada orang dewasa saja, tetapi bahkan anak-anak pun bisa menjadi korban. Anak-anak dengan jumlah tidur yang kurang lebih sering didiagnosis dengan masalah perilaku seperti gelisah, hiperaktif dan impulsif.

Sumber: http://health.detik.com/read/2012/07/20/193023/1971014/766/kurang-tidur-bisa-bikin-orang-jadi-gila?l1102755

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Aseli Madiun.
Blogger Template by Noct. Free Download Blogger Template